Admin_LPM
SURVEI KEPUASAN DOSEN
Dalam rangka mengukur kinerja layanan Universitas Katolik Indonesia
(Unika) Santu Paulus Ruteng kepada Dosen, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
melaksanakan survei kepuasan Dosen. Aspek layanan yang dinilai Dosen antara
lain layanan manajemen, pengelolaan SDM, keuangan, dan sarana prasarana.
Pelaksanaan survei ini merupakan program rutin LPM yang dilakukan untuk
menjamin mutu layanan kepada Dosen. Hasil dari survei ini diharapkan dapat
menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas layanan Unika Santu Paulus Ruteng.
Sampel survei ditentukan menggunakan Teknik simple random sampling atau
sampel acak sederhana. Persentase sampel Dosen yang mengikuti survei ini sebesar
88% dari 168 Dosen pada 13 Program Studi di Unika Santu Paulus Ruteng. Waktu
penilaian kepuasan selama 2 Minggu (14 Januari 2022 s.d. 14 Februari 2022).
Survei dilakukan secara online dengan memanfaatkan laman https://ekuesioner.unikastpaulus.ac.id/. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam survei
ini berupa statistic deskriptif. Ukuran statistik yang digunakan berupa Median (jenis
data ordinal), dan persentase. Data disajikan dalam bentuk Tabel dan Grafik Batang.
Analisis data dilakukan dengan bantuan software JASP
Berdasarkan hasil survei diperoleh gambaran tingkat kepuasan Dosen yang
perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut antara lain:
1) Layanan Manajemen
✓ Pengembangan karir
✓ Pengelolaan Sarana dan prasarana
2) Layanan SDM
✓ Perencanaan
✓ Orientasi dan penempatan dosen
3) Layanan Keuangan
✓ Alokasi penerimaan semua jenis keuangan
✓ Pelibatan perwakilan dosen dalam menentukan anggaran berbasis
luaran
4) Layanan Sarana dan Prasarana
✓ Sarana TIK
✓ Laboratorium praktik
SURVEI KEPUASAN MAHASISWA
Dalam rangka mengukur kinerja layanan Universitas Katolik Indonesia
(Unika) Santu Paulus Ruteng kepada mahasiswa, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
melaksanakan survei kepuasan mahasiswa. Aspek layanan yang dinilai mahasiswa
antara lain layanan manajemen, kemahasiswaan, keuangan, sarana prasarana, dan
pendidikan. Pelaksanaan survei ini merupakan program rutin LPM yang dilakukan
untuk menjamin mutu layanan kepada mahasiswa. Hasil dari survei ini diharapkan
dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas layanan Unika Santu Paulus
Ruteng.
Sampel survei ditentukan menggunakan Teknik simple random sampling atau
sampel acak sederhana. Persentase sampel mahasiswa yang mengikuti survei ini
sebesar 61,4% dari 4367 mahasiswa pada 13 Program Studi di Unika Santu Paulus
Ruteng. Waktu penilaian kepuasan selama 2 Minggu (14 Januari 2022 s.d. 14
Februari 2022). Survei dilakukan secara online dengan memanfaatkan laman
https://e-kuesioner.unikastpaulus.ac.id/. Teknik Analisis Data yang digunakan
dalam survei ini berupa statistic deskriptif. Ukuran statistik yang digunakan berupa
Median (jenis data ordinal), dan persentase. Data disajikan dalam bentuk Tabel dan
Grafik Batang. Analisis data dilakukan dengan bantuan software JASP
Berdasarkan hasil survei diperoleh gambaran tingkat kepuasan mahasiswa
pada aspek layanan pendidikan mendapat tingkat kepuasan paling tinggi, 78%
kategori sangat puas dan puas. Meskipun demikian, jika mengacu pada standar
SPMI Unika Santu Paulus Ruteng (S-SPMI-UN-2-08) persentase ini masih di bawah
indikator. Adapun indikator tingkat kepuasan pada semua layanan Unika yang
terdapat dalam standar adalah minimal 80%. Sementara itu, aspek layanan yang
mendapat tingkat kepuasan paling rendah terdapat pada layanan manajemen.
Komponen layanan manajemen yang dinilai masih kurang antara lain: layanan
beasiswa, layanan non akademik, dan layanan bimbingan dan karir.
SURVEI KEPUASAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Dalam rangka mengukur kinerja layanan Universitas Katolik Indonesia
(Unika) Santu Paulus Ruteng kepada Tenaga Kependidikan, Lembaga Penjaminan
Mutu (LPM) melaksanakan survei kepuasan Tenaga Kependidikan. Aspek layanan
yang dinilai Tenaga Kependidikan antara lain layanan manajemen, pengelolaan
SDM, keuangan, dan sarana prasarana. Pelaksanaan survei ini merupakan program
rutin LPM yang dilakukan untuk menjamin mutu layanan kepada Tenaga
Kependidikan. Hasil dari survei ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk
meningkatkan kualitas layanan Unika Santu Paulus Ruteng.
Jumlah tenaga kependidikan yang mengikuti survei ini sebanyak 58 orang
dari semua unit kerja di Unika Santu Paulus Ruteng. Waktu penilaian kepuasan
selama 2 Minggu (14 Januari 2022 s.d. 14 Februari 2022). Survei dilakukan secara
online dengan memanfaatkan laman https://e-kuesioner.unikastpaulus.ac.id/.
Teknik Analisis Data yang digunakan dalam survei ini berupa statistic deskriptif.
Ukuran statistik yang digunakan berupa Median (jenis data ordinal), dan
persentase. Data disajikan dalam bentuk Tabel dan Grafik Batang. Analisis data
dilakukan dengan bantuan software JASP
Berdasarkan hasil survei diperoleh gambaran tingkat kepuasan Tenaga
Kependidikan yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut antara lain:
pengembangan karir, orientasi dan penempatan, rekrutmen, seleksi dan
pemberhentian tenaga kependidikan, kemandirian dan transparansi dalam
pengelolaan keuangan, dan pengelolaan sarana yang dibutuhkan pada setiap unit
Ketiga survei ini dapat diakses di link:
https://drive.google.com/drive/folders/1C0yCjkKqtBUBLF9nV3UFacpsJOC-5sLX?usp=share_link